KanalGadget - Informasi Terbaru Seputar Gadget

Cara Mudah Mengatasi HP Android Bootloop (Tidak Bisa Booting)

Tips 32 View

KanalGadget.Com – Android saat ini bisa disebut sebagai OS Smartphone terbaik mengingat jumlah penggunanya yang terus meningkat dari waktu ke waktu. hal ini tentu saja bukan tanpa alasan karena android sendiri memang sangat unggul dalam segi fitur dan support terhadap smartphone. hampir semua smartphone mulai dari samsung, xiaomi, lenovo dan lain sebagainya menggunakan android sebagai OS Utamanya. namun ada salah satu masalah error yang sering dialami oleh pengguna android yakni Bootloop. error ini merupakan kondisi dimana smartphone android tidak bisa melakukan booting atau istilahnya gagal booting. dan untuk penyebabnya sendiri ada banyak mulai dari custom ROM corrupt, flashing firmware dan masih banyak lagi.

Jika kamu mengalami bootloop atau gagal booting di hp android, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, diantara lain:
HP Android yang booting terus nantinya akan behenti pada logo ponsel dan jika hal ini terus terusan terjadi tentu kita sebagai pengguna smartphone akan resah bukan? langsung saja lakukan beberapa cara dibawah ini untuk cara memperbaiki hp android bootloop gagal booting.

  • Hapus Cache Sistem

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghapus cache sistem. metode ini sangatlah efektif untuk mengatasi error bootloop dan untuk cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu masuk recovery mode pada smartphonemu dan nantinya akan ada pilihan dan pilihlah wipe atau cache. untuk langkah lengkapnya simak tutorial berikut ini:

-Tekan tombol power dan volume down bersamaan dan tahan sampai muncul logo smartphone.
-Lepas tombol dan nantinya akan otomatis masuk ke recovery mode.
-Pilih dan klik menu Advanced dan klik Wipe Dalvik Cache.
-Klik menu Mounts and Storage dan klik pilihan Wipe/Cache.

  • Wipe Cache Partition

Cara mengatasi hp android bootloop yang berikutnya adalah dengan menghapus cache partition. cara ini ditujukan untuk membersihkan file cache pada memori dan untuk melakukannya, kamu hanya perlu masuk recovery mode seperti langkah ke 1 namun pilihlah menu wipe cache partition.

  • Wipe Data/Factory Reset

Selain itu kamu bisa juga dengan melakukan wipe data atau factory reset untuk memperbaiki smartphone bootloop. sama seperti cara 1 dan dua, masuk langsung ke menu recovery dan klik wipe data/factory reset.

  • Install Firmware atau Flashing

Terakhir, adalah dengan cara menginstall firmware atau flashing, hal ini sangat ampuh mengatasi hp android bootloop. kamu hanya perlu mendownload stock ROM sesuai dengan tipe smartphone kamu dan install langsung ROM tersebut bisa menggunakan odin atau flashing tool dan lain sebagainya.
Oke itulah beberapa cara mengatasi hp android bootloop atau gagal booting, semoga dengan adanya informasi diatas bisa menjadi solusi bagi kamu yang saat ini smartphonenya error dan gagal booting.

Comment

Copyright 2016 - 2017