KanalGadget - Informasi Terbaru Seputar Gadget

Persiapan Sebelum Factory Reset Smartphone yang Harus Anda Lakukan

Tips 31 View

KanalGadget.Com – Pada setiap smartphone, pasti ada fitur Factory Reset di dalamnya. fitur ini digunakan untuk mengatasi apabila suatu saat smartphone mengalami error baik itu dari sistem android ataupun karena error lainnya.  cara kerja dari fitur reset factory sangatlah sederhana, factory reset disebut juga setelan pabrik, artinya jika kita mengaktifkan fitur ini, otomatis smartphone kita akan menjadi seperti baru lagi pada sistem android smartphone kita, sehingga error aplikasi dan lain sebagainya akan dapat teratasi.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa tips sebelum melakukan factory reset atau setelan pabrik agar tidak salah nantinya, jadi jangan sampai kamu mem factory reset hp namun belum melakukan 6 hal ini. apa saja? simak ulasanya berikut ini:

  • Backup Chat Whatsapp

Seperti yang kita tahu, saat ini whatsapp merupakan aplikasi chat terpoopuler dimana hampir semua pengguna smartphone pasti menginstall aplikasi chatting yang satu ini. jika di dalam aplikasi whatsappmu penting, maka kamu harus membackup chat dulu sebelum melakukan factory reset. hal ini untuk mencegah hilangnya chat whatsapp dan untuk membackupnya juga sangat mudah, berikut ini langkah langkahnya

  1. Buka whatsapp, klik menu Setelan
  2. Klik Chatting dan pilih atau tap pada menu “Cadangkan Chat”.
  3. Klik Cadangkan, selesai!
  • Backup Kontak Telepon

Hal ini juga wajib sebelum kamu mulai mem factory reset hp atau smartphone kamu. apa jadinya jika semua nomor telepon atau kontak di hp kita hilang? tentu kita sendiri yang akan resah nantinya, maka dari itu penting sekali untuk kamu mem backup dulu kontak dan telepon kalau perlu backup SMS. untuk melakukan cara ini, kamu bisa menggunakan aplikasi App Backup yang bisa di download dari google play store.

  • Backup Aplikasi

Jika ada aplikasi penting dan mungkin kamu lupa password misalnya akun sosial media entah itu facebook, twittter dan lain sebagainya, maka kamu wajib mem backup aplikasi tersebut agar nantinya bisa digunakan lagi. kamu bisa menggunakan aplikasi Titanium Backupm sayangnya ini hanya bisa dilakukan jika android kamu sudah root sebelumnya.

  • Lepas SD Card

Langkah berikutnya sebelum factory reset smartphone android adalah dengan melepas SD Card atau Micro SD, hal ini penting sekali untuk menjaga agar data di sd card tidak hilang dan terformat.

Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan sebelum melakukan factory reset atau mengaktifkan setelan pabrik smartphone android. Jika kamu masih belum paham betul soal factory reset, jangan paksakan dan lebih baik bawa saja ke service center untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan terutama jika smartphone kamu masih ada garansinya.

Comment

Copyright 2016 - 2017