KanalGadget - Informasi Terbaru Seputar Gadget

5 Macam Aplikasi Android yang Harus Dihindari

Tips 168 View

KanalGadget.Com – Keberadaan aplikasi pada HP Android Anda memang penting. Namun, tidak semua aplikasi baik untuk digunakan. Berikut ini adalah beberapa macam aplikasi Android yang harus dihindari dan segera Anda hapus jika telanjur terpasang. Karena, beberapa aplikasi ini dapat membuat kinerja HP Android Anda kurang optimal.

  1. Aplikasi Kalibrasi Baterai

Meski terdengar penting, nyatanya kalibrasi baterai bukanlah sesuatu yang populer. Pada puluhan aplikasi kalibrasi baterai, hanya ada dua kegunaan aplikasi ini. Pertama adalah menghapus file battery stats.bin di Android guna memaksa sistem menahan indikator baterai. Lalu, yang kedua adalah aplikasi ini dibalut dengan tampilan menarik agar tampak meyakinkan. Kedua fungsi itu tentunya kurang berguna bagi Android Anda.

  1. Aplikasi Penunjuk Cuaca

Sebenarnya aplikasi ini penting untuk memperkirakan apakah hari akan hujan atau terik agar dapat mempersiapkan diri. Akan tetapi, pembaruan secara berkala dari aplikasi itu akan menyedot banyak daya. Terlebih jika pengguna memasang widget aplikasi di homescreen. Sebagai solusi, sebaiknya Anda gunakan fitur Google Now untuk mengetahui informasi cuaca.

  1. Aplikasi Pembersih dan Peningkat Kinerja

Aplikasi-aplikasi semacam Clean Master, Cleaner, CC Cleaner, dan SpeedBooster berfungsi membersihkan aplikasi guna meningkatkan performa HP. Namun, pemakaian aplikasi ini cepat menghabiskan daya baterai. Iklan in-app di dalamnya juga dapat memotong kuota internet.

Aplikasi semacam ini sebaiknya disingkirkan dari ponsel. Sebagai solusinya Anda bisa mengambil jalan lain dengan masuk ke menu “Settings” – “Apps” – “Downloaded” lalu pilih salah satu aplikasi, kemudian klik “Clear Cache”.

  1. Aplikasi Anti-Virus Abal-Abal

Ancaman virus pada Android memang perlu untuk diwaspadai. Namun, aplikasi anti-virus abal-abal juga mesti diwaspadai. Karena, aplikasi semacam itu kurang berguna dan kerap membuat daya baterai menjadi boros. Sebaiknya Anda hanya menggunakan aplikasi anti-virus dari pengembang yang mapan seperti AVG, Avast, Avira, Kaspersky, dan sejenisnya.

  1. Aplikasi untuk Meningkatkan RAM

Sesungguhnya aplikasi sejenis ini tidak akan berpengaruh apa-apa pada RAM. Sebab, kualitas RAM akan meningkat seiring meningkatnya versi Android. Untuk itu, Anda tidak memerlukan aplikasi untuk mengoptimalkan RAM, karena Android akan melakukannya untuk Anda dengan sendirinya.

Itulah lima aplikasi Android yang harus dihindari. Selain manfaatnya yang kurang jelas, aplikasi-aplikasi semacam tersebut di atas tak jarang dapat berdampak buruk bagi HP Android Anda. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi secara bijak dan jangan gunakan aplikasi yang kurang perlu.

Comment

Copyright 2016 - 2017