KanalGadget - Informasi Terbaru Seputar Gadget

Cara Mengatasi Android Lelet Dengan 5 Langkah Ini

Smartphone 44 View

Cara Mengatasi Android Lelet Dengan 5 Langkah Ini – Seperti halnya perangkat komputer, ponsel android juga memiliki kemungkinan mengalami kondisi lambat dari segi kinerja. Kinerja yang melambat ini membuat ponsel terasa lebih berat dan kurang responsif dalam menjalankan aplikasi. Tentu menjadi hal yang menjengkelkan jika hal tersebut terus berlangsung. Namun untuk mengatasinya anda bisa mencobanya dengan beberapa cara. Salah satunya dengan membebaskan kapasitas memori dan membuat RAM bekerja secara lebih lega.

Semakin ringan kapasitas memori internal dan RAM maka kinerja ponsel semakin cepat. pasalnya memori internal yang penuh akan memberatkan ponsel dan membuat perangkat pintar anda lambat dari segi respon. Untuk melakukan fitur multitasking pun terasa lebih sulit karena ponsel yang lambat dan ponsel pun menjadi terasa lebih cepat panas. Bagi anda yang kerap mengalami ponsel android yang melambat, cobalah lima langkah sederhana berikut ini untuk mengatasinya.

5 Langkah Mengatasi Android Lelet

  1. Hapus cache

Cache merupakan sisa dari aplikasi yang telah dihapus atau sisa data dari aplikasi yang dijalankan. Semakin menumpuk cache maka semakin besar pula kemungkinan hp menjadi lambat. Oleh sebab itu anda mesti menghapus cache secara rutin. Baik itu secara manual atau dengan aplikasi. Aplikasi penghapus cache akan memudahkan anda dalam membersihkan memori internal secara lebih cepat.

  1. Gunakan aplikasi serbaguna

Aplikasi serbaguna memiliki fungsi agar ponsel bisa bekerja secara lebih optimal dan efisien. Pasalnya dengan aplikasi serbaguna anda tidak perlu mengunduh lebih banyak aplikasi lainnya. memori internal pun lebih hemat sehingga ponsel tidak mudah lag. Anda bisa menginstall aplikasi anti virus yang sekaligus bisa menjadi aplikasi penghapus cache.

  1. Install aplikasi seperlunya

Install aplikasi seperlunya saja. jangan sampai memori internal menjadi cepat penuh karena anda mengunduh banyak aplikasi sekaligus. pasalnya semakin banyak aplikasi yang diunduh akan membuat beban memori internal semakin berat. Hal ini membuat ponsel semakin lambat peformanya.

  1. Ganti dengan wallpaper statis

Ternyata wallpaper bergerak atau live wallpaper akan membuat kinerja RAM memberat. Hal ini bisa menjadi faktor penyebab mengapa ponsel menjadi lambat. Anda bisa mengganti wallpaper bergerak tersebut dengan wallpaper statis. Selain tidak membuat ponsel melambat, konsumsi baterai pun lebih hemat. Pasalnya wallpaper bergerak lebih memungkinkan ponsel menyedot baterai lebih banyak.

  1. Update software

Salah satu penyebab mengapa hp android terasa lambat adalah software nya yang sudah minta untuk diupdate. Adanya ketersediaan untuk update software sebaiknya jangan anda abaikan. Pasalnya dengan mengupdate software, ponsel akan menyesuaikan kinerjanya dengan fitur-fitur terbaru. Alhasil ponsel bekerja secara lebih baik karena telah mendapatkan update.

Itu dia berbagai cara mudah mengatasi android lelet yang bisa anda coba dengan langkah-langkah sederhana diatas. semoga bermanfaat.

Comment

Copyright 2016 - 2017