KanalGadget - Informasi Terbaru Seputar Gadget

Resiko dan Kerugian Root Android Yang Harus Anda Ketahui

Smartphone 36 View

Resiko dan Kerugian Root Android Yang Harus Anda Ketahui – Root, istilah yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi para pengguna smartphone, root atau rooting sendiri adalah sebuah proses yang akan memungkinkan Anda untuk bisa mendapatkan akses dan juga kontrol penuh terhadap smartphone Android yang Anda miliki. Root sendiri pada dasarnya hampir menyerupai jailbreak pada iPhone ataupun hack pada Symbian, pada umumnya setiap orang memiliki alasannya tersendiri untuk melakukan rooting pada smartphone Androidnya.

Apabila Anda melakukan rooting pada smartphone Android, maka hal ini akan memungkinkan Anda untuk bisa leluasa dalam memasang berbagai macam aplikasi yang ada di Google Play Store ataupun yang ada di internet. Melakukan root pada smartphone Android sendiri memang memiliki sangat banyak keuntungan seperti misalnya bisa melakukan kustomisasi, menghapus aplikasi bawaan, memodifikasi tema, dan keuntungan lainnya. Namun perlu Anda ketahui juga bahwa melakukan root pada Android juga memiliki resiko yang akan diulas di bawah ini.

Resiko dan Kerugian Root Android Yang Harus Anda Ketahui

  1. Menghilangkan Garansi

Perlu Anda ketahui bahwa apabila Anda melakukan rooting, maka garansi smartphone Anda akan hilang. Hal ini tentu saja menjadi sebuah resiko yang tidak bisa Anda hindari karena apabila Anda membawa smartphone Android yang rusak karena proses rooting ke service center maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda tidak akan bisa mengklaim garansi meskipun masa berlaku garansinya belum habis.

  1. Smartphone Mati Total

Proses root haruslah dilakukan dengan hati – hati, sebab apabila Anda gagal dalam melakukan proses root maka Anda harus mengulangi prosesnya dari awal dan tentu saja hal ini akan memakan waktu yang cukup lama. Perlu Anda ketahui juga apabila Anda gagal dalam proses root maka kemungkinan yang paling parah adalah smartphone Android akan mengalami bootloop atau mati total.

  1. Mudah Terserang Virus

Ada banyak sekali pengguna smartphone Android yang mengeluhkan smartphone-nya terserang virus setelah melakukan root, hal ini terjadi karena firewall pada Android secara otomatis akan terbuka akibat dari proses root. Tetapi masalah yang satu ini mudah untuk diatasi karena Anda bisa menggunakan aplikasi antivirus yang banyak tersedia di Google Play Store.

  1. Umur Smartphone Menjadi Pendek

Smartphone Android yang telah mengalami proses root memang sangat rentan akan berbagai macam masalah, salah satunya adalah umur smartphone yang menjadi lebih pendek. Hal ini dikarenakan smartphone Android yang telah diroot akan dipaksa untuk bekerja lebih keras dan akan menimbulkan panas yang berlebih, jika hal ini dibiarkan terjadi maka akan membuat smartphone Anda menjadi cepat rusak.

  1. Performa Menurun

Sebagian besar pengguna Android melakukan root dengan tujuan agar performa smartphone mereka bisa meningkat, namun kenyataannya proses root tidak menjamin performa smartphone Anda meningkat. Smartphone Android yang telah dilakukan proses root justru akan bisa menurun performanya karena proses root akan mengubah setingan sistem yang ada pada smartphone Android Anda.

Apbila Anda berencana untuk melakukan root, alangkah baiknya apabila Anda mempertimbangkan resiko atau kerugian yang akan Anda alami.

Comment

Copyright 2016 - 2017